Sudah Benarkah Niat Kita Dalam Bekerja


Beberapa hari lalu, untuk pertama kalinya aku merasa sangat lelah bekerja. Bukan pertama kalinya juga sih. Cuman merasa marah aja gitu. Merasa kalau ini semua gak adil, merasa kalau cuman aku disini yang kerjaannya banyak dan bla..bla..bla.. Sebenernya triggernya itu waktu atasanku bilang aku adalah karyawan telat nomor 1 bulan lalu didepan semua temen seruangan. Rasanya kayak, dilemparin telor didepan banyak orang? Oke, fine. Memang saya suka telat. Sadar banget itu. Tapi gaji juga dipotong, dan loyalitas juga gak kalah tinggi. Aku selalu pulang 1-2 jam lebih lama dibanding yang lain. Tapi ternyata masih harus membayarnya dengan rasa malu ya. Sungguh luar biasa memang ikut orang. Tidak akan ada bagusnya. Hari itu untuk pertama kalinya aku benci kerja disitu. aku sedih, aku malu dan aku down. Ternyata emang gak ada gunanya.
aku cuman bisa berkeluh kesah sama Tuhan tentang apa yang aku hadepin. Berusaha untuk menghibur diri sendiri walau sakit. aku senyum didepan semua orang seolah olah itu lelucon. Semua orang nertawain aku, semua mengolok-olok seolah olah mereka senang berada diatas penderitaan orang lain. Ada satu temen yang langsung nge dm dan bilang "kayaknya ada yang gak terima ya?". Sejujurnya aku gak terlalu paham apa maksud pertanyaan doi,  yang pasti aku udah nganggep kalau dia care sama. Sebelum ada kejadian ini aku emang sempet ngeluh ke dia tentang potongan keterlambatan gue yang banyaknya gak ketulungan. Dia juga yang nyaranin supaya aku mulai ngitung sendiri berapa bnyak keterlambatan ku. Dan aku udah mulai berubah dengan berusaha untuk tidak terlambat karena aku juga butuh banyak uang untuk liburan. Tapi disaat gue stranggling untuk tidak terlambat justru ada aja yang menjatuhkan gue. Satu hal yang bikin aku bangkit adalaj temen ku  yang super baik itu bilang yang kira2 begini "jangan down cin, kemarin aku juga merasa down. Aku nangis karena seseorang disini, tapi aku inget kamu. Kamu gak pernah ngeluh sama kerjaan kamu jadi aku Gak down lagi. Aku juga pernah diposisi kamu. Kamu pasti bisa ngelewatin ini semua." seketika  jadi semangat lagi.
Dan besoknya waktu aku lagi kerja tiba-tiba aja terlintas dibenak, Iyaya, selama ini aku kerja buat siapa sih? Harusnya kerjanya bukan ditujukan untuk manusia. Karena manusia gak pernah punya rasa puas. Manusia cumin bisa bikin kita kecewa, gak akan ada habisnya. Hasilnya ya cuman bisa makan ati, trus nanti kerjanya males-malesan karena kita pikir kita kerjanya buat bos. Padahal niat kerja yang bener itu ya cuman untuk cari ridho Allah. Tuhan men. Karena kerja adalah ibadah jadi harusnya kita kerja yang baik, supaya pahala juga mengucur buat kita. Mungkin didunia kerja kita gak dihargain tapi kita gak pernah tau apa janji tuhan ke kita disurga nanti kan? Seketika itu aku langsung merubah mindset dan niat kerjaku. Bukan karena supaya dapat promosi jabatan, bukan karena pengen naik gaji tapi karena aku ingin terlihat bagus dimata Allah.
aku harus tetap kerja bagus. Bukan karena bos ku, atasan ku atau untuk siapapun manusia didunia. aku harus kerja bagus supaya Allah melihat. Siapa tau kalau aku kerja ikhlas dan bagus allah akan menempatkanku ditempat yang memang pantas buat ku. Kalau aku pengen kerja ditempat yang lebih bagus aku harus banyak belajar. aku harus kerja keras dan ikhlas. aku harus ubah niatnya. Kerja karena Allah subhanawataala. Kerja karena pengen dapat ridhonya. Dan lagi-lagi seketika semua rasa lelah dan rasa marah itu ilang. Semua jadi sangat menyenangkan. Semua amarah beberapa hari itu jadi gak inget lagi. Karena  selalu inget Allah. Bekerja untuk dan karena allah. Satu hal yang aku pelajari juga. Jangan bergantung pada manusia. Jangan melakukan sesuatu karena manusia karena manusia cuman bisa bikin kalian kecewa. Yang bikin kalian bahagia ya cuman Allah. Cuman Tuhan.
Mungkin agak berlebihan ya masa cuman gara2 telat aja jadi kayak gitu. Tuhan selalu punya caranya sendiri untuk menyadarkan umatnya kan. Dan buat ku ini adalah cara Allah menyadarkan ku tentang Kenyataan kenyataan ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEVEN

Camping ala carte di Ledok Ombo Poncokusumo Malang

Katanya sih cool kids