Napak Tilas 25 Tahun



Unbelivable, I am officially 25 years old now. There so many things happen to me for over 25 years ago. Dan rasanya aku ingin sekali sekedar menapak tilas apa yang sudah terjadi sampai dengan umur 25 tahun.  Aku masih inget 20 tahun lalu dimana untuk pertama kalinya aku membuat keputusan luar biasa minta ke orang tuaku untuk masuk taman kanak-kanak yang sebelumnya sama sekali aku gak pernah berfikir untuk mau masuk kesana dengan alasan aku takut. I dont know why am I scare about it. It still a mistery for me. Dan sejak hari itu aku hampir gak pernah bolos sekolah. Karena aku suka sekolah. Mungkin terlalu naif kedengarannya kayak anak baik-baik, mungkin karena waktu kecil aku mainnya lebih lama dari anak lain jadi udah bosen aja jadi anak nakal disekolah. Ya walaupun gak baik-baik juga sih.
Umur 5 tahun aku masuk TK –A umur dimana seharusnya anak seusia aku udah pada masuk TK-B. Tapi seperti yang udah aku bilang diawal I am so scare and dont know why, jadi yah gitu deh ketinggalan start. Tapi apapun yang terjadi menurutku itu adalah yang terbaik. Yang aku bayangin sih, coba kalau aku dipaksain sekolah ama ortu umur 4 tahun waktu masih takut dulu pasti bakalan gak nyaman sekolahnya, males –malesan karena bukan kemauan diri sendiri. Trus paling rusaknya bisa jadi pembangkang dan lain-lain. Big thanks to my parent yang udah memberi kesempatan untuk bebas menentukan pilihan. Jadi lebih bisa bertanggung jawab aja dengan apa yang udah dipilih.
Masuk sekolah dasar masalah terbesarku adalah bahasa Inggris tapi ibuku mencari segala cara untuk aku bisa mahir dengan pelajaran itu. Mungkin bagi orang yang berada,  gampang aja buat mereka masukin anaknya ke tempat kursus semacam EF, TBI dan semacamnya. Tapi karena ekomomi kami pas-pasan jadi boro-boro buat kursus buat makan aja susah. Tapi ibuku orang yang melek akan pendidikan meskipun beliau cuman lulusan sd bahkan kayaknya sd aja gak lulus jadi doi bersumpah jangan sampai anaknya bernasib sama kayak doi. Waktu SD, ibu pernah jadi penjaga kantin sekolah gitu jadi banyaklah dapet info-info dari ibu-ibu lain. Nah waktu itu ada orang baik yang sepertinya dikirim sama Allah untuk bantu kita. Doi bilang katanya ada kursus gratis gitu didaerah medokan, itu daerah yang lumayan terpencil lah. Jauh dan sepi. Namanya sekolah prengadi. Disana ada banyak orang bule yang ngajarin banyak hal kayak bahasa inggris, ketrampilan menjahit dan salon sampai dengan pengobatan. Dan semua FREE alias GRATIS. Betapa bermanfaatnya hidup mereka, I will be like them someday. Awalnya waktu ikut kelas itu rasanya takut, karena banyak anak-anak yang terlihat nakal dan terlihat seperti preman kecil, tapi akhirnya aku sadar itu semua karena ekonomi mereka, tidak ada cukup uang untuk bisa beli pakaian layak jadi mereka kelihatan sangat berantakan. Mereka juga banyak yang masih bantuin orang tua untuk cari uang entah disawah atau tambak jadi selalu terlihat dekil. Tapi, dibalik itu semua mereka hanyalah anak-anak yang suka bermain dan berkawan. Dari tempat itu, aku jadi mengenal bahasa inggris dengan baik dan berbeda, aku pun mulai jatuh cinta dengan bahasa ini. Dan yang lebih amazing adalah nilaiku yang tadinya 20 untuk pelajaran Bahasa Inggris suprisingly aku adalah salah satu dari 2 orang dikelas yang dapat nilai tertinggi waktu ulangan dan disebutin didepan kelas. How happy and suprise I am. Big thanks to my mam yang selalu gak pernah lelah semangatin aku untuk les padahal hampir gak mau karena teman-temanya aneh, Ibu juga yang selalu anter dan bonceng aku ke tempat les yang jauhnya naudzubillah pakai sepeda (yang sampai sekarang suka nangis kalau inget itu). Dan big thanks juga untuk ibu-ibu yang udah kasih tau tempat les itu. Satu tutor yang aku inget adalah kak Jessie, yang sabar banget ngajarin bahasa Inggrisnya dari yang sama sekali gak ngerti bahasa Inggris sampai akhirnya penasaran dan terus ketagihan buat belajar bahasa ini. aku sebenernya agak lupa namanya siapa tapi seingetku namanya Kak Jessi dia suaminya bule gitu jadi hebat bahasa inggrisnya. Ditempat kursus ini banyak banget bulenya karena penggagasnya memang orang-orang bule gitu. Dan denger-denger sih setelah dari Surabaya mereka pergi ke Madura untuk ajarin orang disana bahasa Inggris juga. Wow that super...super amazing. Dimanapun kak Jessie berada Bigs thanks to you kak, and I hope Allah will meet us again someday. God bless you.. Aamiin.
Masuk ke SMP Alhamdulillah karena dapet nilai yang lumayan aku bisa masuk salah satu SMP yang lumayan favorite juga, sekolah dimana anak orang-orang tajir bersarang. I got a good fasility there. I study at a big school with many class there. Yang aku inget lapangannya besar dan banyak, masjidnya adem, perpusnya bersih dan rapi karena waktu sd perpus sekolahku sangat tidak karuan so I am glad to have a different library here, pengajarnya baik dan ada karawitan... yah di SMP aku jatuh cinta pada karawitan dan membaca. Tidak ada ekskul yang aku bela-belain untuk bangun pagi kecuali Karawitan dan oh Pramuka. Itupun karena pramuka ekskul wajib jadi kalau gak datang bisa dapat punishment. Aku sering tampil dibeberapa acara seni budaya sebagai pemain amatir pastinya. Tapi rasanya senang sekali bisa ikut melestarikan salah satu seni budaya Indonesia bangga banget. Kalau suka baca itu sebenernya karena terjebak oleh tugas sekolah. Sebenernya suka juga sih baca tapi komik. Pernah suatu hari bilang “kok ada yang orang gila yang mau baca novel? Ini pasti bosen banget bacanya. Gak ada gambarnya, cuman tulisaaaaaan semua.” Eh sekarang aku yang gila karena baca tulisaaaaaan semua. Jujur bingung sih waktu itu, karena gak pernah baca novel, mau beli juga gak punya duit, buat makan aja pas-pasan apalagi beli novel. Haha. Akhirnya coba pinjem ke temen yang aku tau suka banget dari SD baca novel. Trus ama dia dikenalin dah ama persewaan novel dan komik. Dan buku pertama yang aku baca dan langsung jatuh cinta adalah “99 Days Of Imey”. Lupa karangannya siapa, tapi kayaknya gak terlalu terkenal. Cumaaaaan ceritanya baguuuus baaaaangeeet. Sumpah ceritanya gak cheessy gitu lho padahal itu tentang anak SMA gitu tapi sama sekali gak biasa. Kalau masih ada yang jual aku mau banget buat punya buku itu. Sumpah. Tugas itu membuat aku merubah perspektif ku tentang membaca novel. Dia emang gak ada gambarnya tapi bukan berarti tidak mempunyai gambaran cerita. Justru ini adalah salah satu media untuk berimajinasi. Baca novel itu kayak bikin film gitu lho, dan kita sutradaranya. Kita yang tau persis seperti apa cerita itu jika digambarkan. If you a reader I think you know what I mean. Atau hanya aku ya yang merasa begitu? Haha. Pokoknya novel seru abis.
Masuk ke SMA lagi-lagi aku dapet kesempatan untuk memilih kemana selanjutnya aku melangkah. Aku ambil jurusan broadcasting /pertelevisian, aku pengen jadi broadcaster until now. Hoho. Disana lebih banyak lagi yang dipelajari. Presentasi, bikin naskah, take, editing dan pekerjaan broadcasting lainnya kita pelajari disana. Dan pastinya karawitan again. Alhamdulillah masih bisa ketemu ama ekskul ini lagi. Dan kali ini lebih serius lagi karena aku sering banget. Banget. Banget. Manggung terutama di sekolah sendiri. Bahkan pernah main untuk menyambut Bpak Bambang DH salah satu orang penting di Surabaya waktu itu. Hehe bangga gak sih loe. Hehe. Oke balik ke study lagi focus please. Aku juga pernah buat film bareng temen-temenku 3b7 judulnya 1 (satu) yang kita kirim buat lomba dan alhamdulillah kalah. Hehe tapi seenggaknya masa mudaku gak hanya dibuang sia-sia ada yang bisa dibanggakan ke anak dan cucu gue nanti. ciyeeh. Nih nak emak pernah buat pilem nih. Wkwkw. Aku gak pegang copy file nya but ASAP mau minta copy ke kempi. Ada 2 film pendek yang pernah aku buat bareng temen2 semasa sekolah dulu. Dan gak gampang sih karena banyak perjuangan anak sekolah yang pas pasan waktu itu. Pokoknya kalau dibedah bakalan kira-kira kayak sinetron tersanjung lah ya panjangnya naudzubillah kagak abis-abis.
Memasuki fase selanjutnya, kuliah. Waktu itu, setelah lulus gak langsung kuliah karena udah gak mungkin bergantung sama orang tua. As you know I am not rich. So akhirnya memutuskan untuk bekerja. Bukan karena paksaan bukan karena disuruh tapi karena emang udah mau aja, dari sekolah juga mikirnya kalo udah lulus SMA mau kerja dulu sambil nabung buat kuliah. Mungkin karena orang tua sepenuhnya ngasih pilihan dan tanggung jawab jatuhnya lebih mandiri aja gitu. Tau apa yang mesti dilakukan dan tidak dilakukan. Gila bangga banget gua sama bonyok gua. Haha. Waktu itu segala macem kerjaan udah pernah dicoba. Dari jualan modem di THR, jualan cat ditoko bangunan yang banyak anjing galaknya, jadi front office diklinik kecantikan yang akhirnya dipecat, jadi admint diperusahaan yang mau bangkrut sampai jadi konsultan akunting yang sama sekali gak ada nyambung-nyambungnya ama pendidikan SMA ku. Tapi semua nya dicoba, semuanya dijalanin dengan ikhlas. Kuncinya adalah mau belajar. Honestly, I dont have any idea of this job. Mungkin juga ini kutukan, Salah satu pelajaran paling dibenci di SMP sekarang malah jadi pekerjaan utama. Tapi sekarang udah keluar. Cuman anehnya lumayan lama disitu hampir 1,5 tahunan gitu. Sampai akhirnya nemu perkerjaan yang sekarang. Yang notabennya 360 derajat amat sangat berbeda. Ya walaupun sampai sekarang masih berfikir kalau ini bukan pekerjaan terakhir yang aku pengen.
Disela-sela kerja alhamdulillah ketemu mbob yang ngajak buat kuliah ditempat yang lumayan murah bisa disambi kerja juga jadi gak berat. Awalnya bener-bener gak boleh sama kakak ku, katanya sekolahnya gak bagus rate nya, apalah segala macem. Tapi bukan itu sih tujuannya. Kuliah bukan hanya sekedar mencari nilai atau universitas yang bagus. Tapi lebih ke bagaimana kamu merubah pola pikirmu, mengasah mentalmu, karena kuliah itu bukan untuk orang pintar tapi untuk orang-orang tekun, mau belajar, pantang menyerah dan kuat. Karena banyak kok yang tiba-tiba berhenti tengah jalan. Dikelasku gak semua yang dulu ikut Ospek bareng juga lulus bareng. Sebagian ada yang harus nunda wisuda dan sebagian lagi ada yang harus terpaksa drop out. Jadi kampus bukan tempat orang-orang pintar tapi orang-orang yang siap untuk menghadapi tantangan selanjutnya. Yaelah kayak orang bener aja omongan gua. Haha. Alhamdulillah aku udah lulus I am finally graduated and officially Kirana Endah Lestari, SE asek. Walaupun masih bingung mau diapain nih gelar. Bisa digadein gak sih (becanda. Hehe). Tapi satu hal yang selalu aku percaya tidak ada perjuangan yang berakhir sia-sia. Begitu juga gelar ini, walaupun saat ini belum tau mau diapaain tapi nanti insyaallah pasti bermanfaat. Aamiin.
Alhamdulillah akhir tahun 2017 kemarin dikasih rejeki buat jalan-jalan lagi, setelah bulan September sempet ke Bali. Tahun baru kemarin aku baru aja pulang dari Lombok.... yeayyy nanti aku akan tulis-tulis deh ittenery selama disana ngapain aja dan sama siapa aja. Pokonya inti dari napak tilas ini adalah aku sangat bersyukur karena Allah memberiku orang tua yang luar biasa, teman-teman dan guru yang luar biasa yang membuat aku bisa dapat pengalaman yang luar biasa selama 25 tahun aku hidup. Tidak ada yang sia-sia. Semua dilakukan dengan kerja keras lillahitaala. Semoga selalu mendapat ridho dari Allah subhanawataala. Aamiin aamiin ya robbal alamin.
Btw di minggu terkahir bulan Januari ini which is my month I want to say Happy new year 2018 buat kita semua walaupun amat sangat terlambat. Semoga tahun ini bisa jadi lebih bermanfaat dan barokah lagi umurnya. Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEVEN

Camping ala carte di Ledok Ombo Poncokusumo Malang

Katanya sih cool kids