BALI 2017

Yesss.. finally kesampaian juga bisa pergi ke pulau dewata. Rabu, 20 September 2017 masih inget banget kira-kira jam 5 pagi waktu indonesia bagian Tengah kita sampai di pelabuhan gilimanuk Bali. Langitnya merah agak peach gitu waktu itu, trus dingin banget kena angin laut, waktu itu kita mesti jalan kaki dulu dari kapal menuju parkiran bus. Kagak paham juga sebenernya pokonya waktu itu kita gak boleh naik bus sampai kapal jadi harus jalan ya lumayan jauh juga sih ke daratannya. Setengah gak sadar juga sebenernya kalau udah sampai Bali waktu itu, soalnya sebelum naik kapal karena ini pertama kalinya aku parno kan banyak yang nyuruh buat minum antimabok lah apalah dan akhirnya dengan sangat sadar aku minum obat mabuk yang namanya ada drama-dramanya. Daaaan efeknya bener-bener drama, karena sumpah begitu sampai kapal langsung tidur gak bangun-bangun. Nih ya mata rasanya lengkeeet banget ama kelopaknya, kayak perangko. Dan akhirnya aku bersumpah tidak akan pernah minum drama-drama itu lagi. Nyiksa banget soalnya.
Oke selesai berdrama-drama dengan rasa kantuk karna obat mabuk, akhirnya sampailah kita di restauran bidadari kalau gak salah, yang rasanya gak paham deh itu bidadari kok bisa ya makan begituan. Ya tapi paling enggak lumayanlah ya daripada makan angin kita.
Disana selain makan kita juga dikasih kesempatan untuk bersih-bersih diri, karena habis dari situ kita langsung cus ke tempat wisata tanpa check in hotel terlebih dahulu. Nah loh, bayangin dah capeknya gimana.
Sekitar jam 9 pagi, kita langsung cus menuju ketempat wisata pertama yaitu tanah lot. Jauhnya sih kira-kira 3 jam gitu lah dari gilimanuk. Dan waktu perjalan dihabiskan dengan tidur sajaa.. karena jujur aku orangnya cepet bosen gitu lho kalau dikendaraan. Nah kalau udah bosen hal paling enak adalah tidur. Itu adalah hal terbaik dan paling berfaedah yang dapat dilakukan saat kita liburan yang notaben di bus. Bosen itu bikin capek coy.. mungkin ada yang bilang dengerin musik kan bisa atau main hp. Udah. Sama aja bosennya, paling cuman 10-20 menit abis itu bosen trus ngantuk trus tidur lagi deh. Jadi jangan berharap bisa ngobrol panjang sama aku waktu dibus atau travel. Karena itu agak gak mungkin aja sih.
Dan sampailah kita di tanah lot...sampai tanah lot sekitar pukul 12 an gitu deh, sedikit cerita aja buat yang belum pernah kesana, jadi sebelum sampai tanah lot nya kita mesti jalan dulu nih, menurutku sih gak seberapa jauh, gak capek juga karena bayak banget pedagang kaki lima dan toko oleh-oleh disana. Jadi dijamin gak bikin keki deh. Trus menurut aku juga tempatnya gak panas karena masih banyak pohon pohonnya gitu. Sejuk lah pokoknya. Setelah melewati pasar, barulah kita dihadapkan dengan lautan elok nan biru terhampar, dan agak ketengah kita bisa liat ada kayak batu gitu yang diatasnya ada pura atau tempat sembahyang gitu. Katanya sih ya disitu ada ular suci nya gitu coy. Tapi sayangnya waktu kita datang lautnya lagi pasang jadi kita gak bisa masuk deh kepuranya. Cuman bisa poto-poto dari jauh ajah. Selebihnya kita bisa liat bule-bule yang lagi main ombak laut.
Karena udah siang jadi kita sekalian aja makan siang di toko agung kalau gak salah. Itu semacam toko oleh-oleh plus restaurant. Tempatnya lumayan gede sih, dan makanannya udah lumayan ada rasanya. Kalau yang sebelumnya kita makan makanan bidadari, kalau yang di tanah lot ini kita makan makanan yang lebih manusiawi lah ya.
Sebenernya kita bisa belanja juga sih, tapi aku memutuskan untuk gak belanja karena mikirnya bakalan repot aja karena ntar waktu mau pulang kita juga bakal belanja lagi. Tapi karena kesotoy an ku itulah aku akhirnya menyesal karena gak semua barang yang ada di tanah lot juga ada di tempat lain. Huhuhu syedih..
Lanjut lagi perjalan tidak berhenti sampai disitu, kita move lagi ketempat selanjutnya yaitu Jimbaran.
Salah satu tempat yang katanya harus banget didatengin kalau lagi dibali. Tempat ini terkenal dengan dinner dimalam hari dengan background pantai. Yang menurutku itu sebenernya agak berisik dan menakutkan sih suara ombaknya. Jadi agak gak tenang gitu sebenernya.
Kita dateng ditempat ini sekitar jam 3 sore kalau gak salah. Namanya orang kampung ya begitu liat ombak langsung aja bawaannya pengen nyemplung. Tapi karena inget cuman bawa beberapa baju akhirnya cuman bisa jalan jalan dibibir pantainya. Sampai ngeliatin bule-bule pada prawed. Norak. Trus sambil makan jagung bakar, dan baru tau kalau jagung bakar ternyata juga enak dimakan disiang hari yang terik. Kirain cuman enak dimakan dimalam hari taunya siang juga enak. Ini enak apa laper yak?? Hehe
Setelah capek bernorak-norak ria dipantai saatnya yang ditunggu-tunggu pun datang. Yaitu dinner. Pas sunset dipinggir pantai. Cuman kurang atu, pasangannya kagak ada coy. Tapi gpp untungnya rame-rame sama orang sekantor jadi lebih seru. Menu makanannya malam itu ikan bakar ada semacam tiram asam manis gitu. Enak lah pokonya, cuman yang kurang menurut akyu sambelnya sih, kurang mantep aja. Trus kalau aku liat nih ya masakan bali itu pasti ada kacangnya, kayak acarnya gitu. Coba deh liat kalau kalian makan ayam betutu, selain sambel mata pasti ada kacang. Ini makan ikan bakar sambelnya ada kacangnya. Tapi kacangnya tuh gak dicampur, di pisah dan digoreng. Tapi karena aku orangnya suka yang normal-normal aja jadi gak pernah makan kacangnya. Untung rasanya ya lumayanlah ya kayak ikan bakar pada umumnya, dan mungkin efek lapar juga jadi langsung tewas dalam sekejap.tapi yang paling enak sebenernya tiram asam manisnya itu sih, kayak gak bisa lupa ampe sekarang rasanya. Kebayang terus bikin kangen.
Acara dinner dinner diisi dengan pembagian doorprise dan game-game. Oh iya lupa jelasin juga, kalau aku ke Bali dalam rangka gathering perusahaan tempat aku bekerja. Jadi setiap 2 tahun sekali perusahaan tempat aku kerja selalu mengadakan family day gitu. Dan destinasinya macem-macem kebetulan banget waktu aku ikut tujuannya adalah ke Bali. Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga dan gratis pula. Hehe
Setelah acara selesai barulah kita menuju kehotel. Ooohh finally.. rasanya punggung mau copot karena udah seharian tidur di bus. Kasur mana kasur? Pengen banget tidur dan mandi. Udah.
Karena rombongan buanyak banget alhasil harus dibagi 2 hotel satu di sense hotel dan satunya lagi di sun boutiq jaraknya gak begitu jauh tapi kalau jalan kaki kayaknya lumayan. Dan bus kita kebagian di sun boutiq itu tempatnya kayaknya sih di sunset road seinget ku. Tempatnya biasa ajah sih. Standart hotel pada umumnya. Kita dapat yang extra room tapi mesti sharing sama 2 orang lain. Jadi itu satu ruangan ada 2 kamar gitu. Dan kita 4 orang kebagian dapet yang cuman 1 bed. Cuman bednya gede, jadi cukup buat 4 orang. Bodo amatlah ya yang penting tidur.
Besoknya kita juga mesti bangun pagi, karena mesti melanjutkan perjalan berikutnya. Kita bangun jam 5 an gitu dan langsung mandi karena kamar mandinya mesti sharing ber-4 kalau gak bangun duluan bisa ketinggalan nek...
Trus jam 7 kita keluar buat sarapan pagi. Makanannya gimana? Ini much..much..better sih dari yang sebelum-sebelumnya. Mungkin karena micinya lebih banyak kali ya jadi enakan. Menu makannya juga standart breakfast hotel pada umumnya, nasi goreng, bubur, roti bakar, sayur, jus, kopi, teh dan buah.
Setelah semuanya kelar kita langsung check out dari hotel untuk menuju destinasi selanjutnya...
Pertama kita diajak melewati jalan tol yang terkenal diBali namanya Jalan Tol Mandara yang seolah-olah kita jalan ditengah laut gitu, itu keren banget. Cuman ironisnya adalah waktu kita lagi ada di atas jembatan tol itu si pemandu wisata atau tour guide nya sempet curhat gitu kalau katanya lautan yang ada dibawah jembatan ini akan direklamasi atau bahasa mudahnya adalah dijadikan daratan. Helloo trus buat apa loe susah-susah bangun jembatan ini kalau pada akhirnya dijadiiin daratan. Sedih juga sih dengernya, tapi katanya itu sudah tercantum dalam peraturan daerah, malah lebih sedih lagi sih. Ya semoga para pemimpin Bali tidak salah mengambil keputusan untuk rakyatnya.
Oke balik lagi, setelah puas mengitari jalan tol ini akhirnya sampailah kita pada tempat yang benama nusa dua... dimana kalian bisa mencoba wahana-wahana laut yang extrim dan mengasyikkan. Tapi kalau aku yang pasti-pasti aja yah.. pas dihati-pas didompet maksudnya. Hihi
Aku pilih untuk naik kapal dan menyebrang ke pulau penyu. Kita kesana naik kapal boat, masing-masing kapal muat untuk 10orang saja. Sebenernya kita agak kecewa sih ama biayanya coba bayangin 1 kapal untuk 10 orang dibandrol 600ribu coy. Ya walaupun menurutku itu standart sih, soalnya waktu aku ke banyu anjlok dimalang,kita juga nyebrang gitu kan ke pulau dan biaya sewa kapalnya juga segitu. Dan kapalnya lebih tradisional dari ini. Cuman untuk keamaanannya jauh lebih aman yang dimalang. Paling enggak kita dikasih pelampung. Yang di nusa dua gak ada. Jadi lumayan tegang juga walaupun tempatnya sebenernya gak jauh juga sih, tapi apa salahnya menjaga keselamatan kan. Jadi mungkin buat penyedia jasa pariwisata lebih bisa menjaga keamanan penumpangnya.
Setelah sampai dipulau penyu kita mesti bayar lagi untuk masuk tempat penangkarannya, waktu itu sekitar 10ribu per orang. Didalam banyak sekali penyu dan kura-kura (ya iyalah penyu namanya juga pulau penyu), selain itu juga ada hewan lain seperti kelelawar, ular, ayam dan kalkun. Tempatnya gak terlalu besar sih, cukup sekali putaran aja udah selesai, yang bikin jauh itu karena letaknya yang berada dipulau berbeda aja sih yang bikin menarik tempat wisata ini menurutku.
Karena hari itu hari Jumat jadi sebagian dari kita yang menunaikan sholat jumat kususnya kaum laki-laki diantar kemasjid yang jaraknya lumayan dekat dengan destinasi selanjtnya yaitu pantai Pandawa.
Waktu menuju pantai pandawa ada satu hal yang sangat menarik sekali, yaitu waktu kita melewati 5 tempat peribadatan yang berdiri berdampingan. Luar biasa, betapa Bali bisa menjadi contoh kuatnya toleransi antar umat beragama. Sayang banget sih kita gak berhenti, karena memang itu bukan salah satu destinasi kita waktu itu. Diperjalanan tour guide kita juga njelasin tentang banyak sekali budaya-budaya orang Bali yang cukup kental dan mistis. Rasanya gak cukup kalau cuman sehari-dua hari ditempat itu. Karena semakin kita tau semakin kita ingin tau tentang apa sih Bali itu dan bagaimana Bali.
Akhirnya kurang lebih jam 1 siang kita sampai di Pantai Pandawa. Bedanya dari Pantai Jimbaran pantai ini letaknya dibawah tebing jadi ada ademnya tapi panasnya juga masyaallah gak ketulungan. Tips ke Pantai Pandawa pakailah kaca mata yang nyaman untuk dipakai. Karena itu adalah salah satu most item yang harus kamu bawa waktu di Bali terutama waktu ke pantai.
Kalau menurut aku pantainya sih biasa aja, dia agak landai gitu sih dibanding jimbaran. Trus ombaknya juga lebih santai kayaknya soalnya banyak orang yang berenang waktu kita kesana. Jadi hal yang dapat aku simpulkan adalah ombaknya bersahabat. Cuman panasnya yang kagak ada baik-baiknya. Nusuk banget coy.. untuk pakai sunblock. Oh iya ini juga tips kedua pakailah sunblock setinggi mungkin spfnya ya. Biar kagak kosong kayak ikan bakar.
Gak ada kegiatan yang berarti sih dipandawa cuman keliling, minum kelapa muda rampasan trus duduk-duduk pinggir pantai. Oh iya hati-hati jangan duduk sembarangan dipantai ini. Karena bayar bok..
Udah kelar panas-panasan kita cus lagi balik ke sunset road buat beli oleh-oleh di krisna.. yeeaayy belanja terus sampai inget kalau gajiannya masih jauh. Huhu
Kelar belanja akhirnya telah sampailah kita kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengahantarkan kita semua untuk pulang.. balik ke Surabaya.. kerja..kerja..woy..
Kita cus dari krisna sekitar jam 7 malem gitulah ya dan langsung bablas ke Surabaya,  cuman sebelumnya makan dulu restauran lupa namanya pokoknya di daerah Negare. Trus tidur lagi..naik kapal lagi..tidur lagi.. sampai deh di Surabaya lebih cepat dari perkiraan sebelumnya sampai jam 10 an ternyata kita bisa sampai surabaya jam 7 pagi. Gila gak tuh supirnya.
Oke itulah kisah perjalanku ke Bali kemarin, first impretion waktu disana sih agak kaget juga sebenernya karena dari waktu udah beda 1 jam lebih cepet dari disurabaya kan, trus karena disana mayoritas penduduk memeluk agama Hindu jadi jarang banget ada adzan kayaknya, hampir gak pernah ada sih rasanya. jadi agak sering ketinggalan sholatnya karena bingung, sempet underestimate juga sih aku kira di restaurant gak bakal ada musholla tapi ternyata aku salah alhamdulilah masih ada. Ditempat-tempat wisata juga masih menyediakan tempat untuk sholat. Alhamdulillah damai sekali ya. Dan sebenernya kurang puas sih liburan kemarin itu, karena waktunya terlalu singkat. Karena kita ikut travel jadi agak terburu-buru juga jadinya. Semoga bisa kesana lagi lebih lama dan lebih santai.
Dan ini ada beberapa gambar yang aku abadikan pakai kamera handphone yang gak seberapa canggih tapi berkesan sekali. Thank you so so much n dudu bubuy...